Belajar Mendesain Blog #1
(Menggunakan Template Blog Gratisan)

by - 6:48 AM


Oke, genap tiga hari sudah aku berkubang dengan desain blog. Hasilnya seperti yang terlihat dalam foto utama postingan ini. Masih sangat jauh dari kata bagus, apalagi sempurna. Tapi aku banyak belajar dalam proses beberapa hari itu.
Mendesain atau otak-atik template blog bukan hal pertama bagiku. Sejak mengenal blog khususnya blogspot, beberapa kali aku sempat bermain dengan html. Hasilnya? Ya, sudah tentu banyak gagal alias berantakan. Tampilannya tak berbentuk dan berakhir dengan menghapus blog. 😂😂😂
Tapi kali ini aku cukup senang. Akhirnya aku benar-benar memiliki blog dengan desain yang sesuai keinginan, visi, misi, dan harapan. Blog sederhana yang memiliki identitas dan didedikasikan untuk berbagi segala hal yang bermanfaat.
Ada beberapa hal menarik yang ku pelajari di saat-saat mendesain blog. Contohnya di momen-momen awal ketika mencari, memilih, dan menggunakan template. Satu momen galau saat mencari dan memilih yang ku pikir juga dialami beberapa blogger pemula.
Saat ini cukup banyak situs atau desainer yang khusus membuat template blog. Beberapa di antaranya kamu bisa menemukannya pada:
  • BTemplate (situs penyedia ragam template yang pertama ku kenal)
  • Gooyabi Templates (situs yang akhir-akhir ini sering ku kunjungi karena memiliki desain template elegan dan mudah di otak-atik.
  • My Blogger Themes (cukup bannyak memiliki koleksi template yang menarik)
  • ThemeXpose (situs rekomendasi dari adik. Cukup oke untuk jadi rujukan)
Selain itu, kamu pun bisa berkunjung langsung ke situs desainer-nya seperti Sora Templates dan masih banyak lagi. Jika ada dana, boleh lah beli template yang berbayar dan jika tidak, maka berburu saja yang gratisan. Aku? Ya hingga sekarang masih pakai template gratisan lah.
Buat kamu yang ingin mendesain blog dengan template gratisan, pertama-tama cari dan pilihlah template lewat situs-situs penyedia atau desainernya langsung, seperti di atas. Bila sudah memilih, download segera. File template biasanya berbentuk zip atau rar dan perlu di extract terlebih dahulu. Setelah itu langsung terapkan dengan login ke akun blogspotmu.

 
Sekilas contoh

Masuk ke menu template > klik cadangkan/pulihkan.
(Anda bisa mem-backup dulu template blog yang sudah ada atau langsung mengunggah template baru)
Caranya dengan klik browse > pilih file yang tadi diunduh (berformat 'xml' dan biasanya memiliki  size yang terbesar) > setelah itu unggah dan selesaaaiii. 

Template baru berhasil diterapkan. Apakah benar sudah selesai? Ya, jika Anda cukup puas dengan tampilan yang dihasilkan. Jika tidak, tentu perlu melakukan beberapa penyesuaian. Mulai dari penyesuaian di tata letak hingga mengedit html. Dalam proses penyesuaian inilah yang paling sering terjadi masalah dan kendala. Misalnya:
  • Bagaimana cara menghapus navbar dan attribution?
  • Bagaimana membuat link untuk bisa diintegrasikan dengan sosmed pribadi?
  • Bagaimana menambah atau menghapus ini dan itu?
  • Serta bagaimana-bagaimana yang lain.
Bakal jadi kepuasan dan kebanggaan tersendiri bila desain blog bisa tampil sesuai keinginan. Untuk mewujudkannya tentu butuh usaha. Tak perlu jadi ahli css dan html. Cukup pahami trik dan tata caranya saja. Sangat bagus, bila kamu juga mau belajar beberapa kode dasar. Jadi, berusahalah dan jangan menyerah mencoba lagi dan lagi.
Bila Anda memiliki masalah dalam penyesuain template yang baru di unduh ini, nanti kita coba bahas di postingan selanjutnya. Jadi, sampai juga lagi ^_^ ...

You May Also Like

0 komentar