Tips Handuk Tetap Lembut Meski Berulang Kali Dicuci

by - 1:27 AM

Sumber: flickr-Felix Stanley
Handuk lembut yang berubah jadi kasar sebenarnya bukan masalah yang serius. Tapi perubahan ini cukup mengganggu kenyamanan saat digunakan. Kenyamanan yang juga bisa menganggu kesehatan bagi orang-orang berkulit sensitif.

Kenapa ya handuk bisa menjadi kasar? Apalagi setelah dipakai dan dicuci beberapa kali. Contohnya seperti handuk milikku di rumah, atau kamu juga mengalami hal serupa?

Jika masalah kita serupa, mungkin informasi berikut bisa sangat berguna. Aku mencoba mencari penyebabnya dan bagaimana solusi mengatasinya.

Dari beberapa sumber yang ku baca di internet, penyebab handuk berubah kasar ialah kesalahan penggunaan hingga perawatan. Misalnya handuk digantung dengan dililitkan begitu saja, menyimpan handuk di kamar mandi, tidak mencuci handuk secara rutin, terlalu banyak memakai deterjen dan pelembut, keseringan memakai handuk yang sama, dan sebagainya.

Intinya, banyak hal-hal kecil dan tampak remeh yang ternyata menjadi penyebab handuk lembut berubah kasar. Jadi, mulai sekarang ada baiknya kita untuk mengetahui cara tepat menggunakan dan merawat handuk yang dimiliki.

Jika handuk sudah terlanjur berubah kasar apakah bisa menjadi lembut kembali? Aku pikir ini tergantung sejauh mana kondisi handuk. Bila handuk sudah sangat kasar, kaku, menipis, dan sejenisnya, baiknya mempensiunkan handuk itu dan menggantinya dengan yang baru.

Tapi, jika handuk masih tergolong baru dan sedikit berubah kasar, coba atasi dengan beberapa cara berikut. Cara-cara yang ku coba lakukan pada handuk kasar di rumah dan ternyata berhasil. Jadi begini:

Cuci secara Terpisah

Biasanya kita mencampurkan sejumlah pakaian, termasuk handuk dalam satu bak atau mesin cuci sekaligus. Alasannya tentu lebih praktis, lebih cepat, dan efisien. Tapi cara ini jelas membuat handuk cepat berubah menjadi kasar. Jadi, jangan lakukan lagi.
 
Mulai sekarang cuci handuk secara terpisah, baik dicuci dengan tangan atau memakai mesin cuci. Cara ini juga efektif menghindarkan handuk dari kerusakan, kelunturan, dan lain-lain.

Gunakan Air Hangat

Ingat gunakan air hangat dan bukan air panas atau air dingin, oke. Air hangat ini bisa menjaga serat handuk tetap halus dan cukup efektif membuatnya mengembang. Air hangat juga efektif membunuh kuman dan bakteri yang menempel di handuk. 

Selain itu dianjurkan untuk memakai deterjen cair, agar tidak merusak serat dan nyaman digunakan. Setelah dicuci dengan air hangat ini, pastikan untuk segera dijemur atau dikeringkan. Alasannya untuk menghindarkan handuk dari jamur yang mungkin saja menempel.

Cairan Pelembut Secukupnya

Seperti namanya, pelembut kain akan membantu menjaga serat handuk tetap lembut. Tapi tetap perhatikan takaran. Kebanyakan memakai cairan pelembut akan membuat handuk terasa licin dan berisiko merusak. Handuk bisa menjadi kasar, kaku, dan sebagainya karena kebanyakan memakai cairan pelembut. 

Manfaatkan Cuka dan Baking Soda

Adakalanya cairan pelembut saja tidak cukup efektif melembutkan handuk yang kasar. Untuk itu, coba deh gunakan bahan dapur seperti cuka atau baking soda. Bahan-bahan ini bisa membersihkan residu dan sisa sabun, untuk menjaga kelembutan handuk.
Jika masih bingung, gunakan dua tahapan ini:
  • Pertama: Cuci handuk dengan air hangat dan deterjen cair. Setelah itu bilas dengan air hangat dan masukkan cuka secukupnya.
  • Kedua: Setelah dibilas dengan campuran cuka, bilas kembali dengan air hangat yang sudah dicampur baking soda secukupnya. Setelahnya, handuk baru dijemur atau dikeringkan.
Sebelum digunakan pastikan handuk benar-benar kering ya. Jika tidak akan membuat handuk mudah rusak, kasar, dan bau apek. Silahkan dicoba di rumah dan semoga berhasil.😀😉😇

#handukkasar #tips #merawathanduk

You May Also Like

0 komentar